Pengertian Konjungtor

Konjungtor merupakan kata yang menjadi penghubung antara unsur bahasa sebelumnya dengan unsur bahasa setelahnya. Alwi, dkk.  mengemukakan konjungtor atau kata sambung sebagai kata tugas yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat: kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa. Selain itu, Chaer mengistilahkan konjungsi sebagai kata penghubung, yaitu kata-kata yang menghubungkan satuan-satuan sintaksis, baik antara kata dengan kata, antara frasa dengan frasa, antara klausa dengan klausa, atau antara kalimat dengan kalimat.

Untuk istilah kata sambung ini, beberapa pakar menyebutnya dengan konjungsi, dan selebihnya dengan konjungtor, tetapi keduanya memiliki makna yang hampir sama. Kridalaksana dalam Kamus Linguistiknya menggunakan istilah yang sama yang digunakan oleh Chaer, konjungsi. Pengertian konjungsi menurut Kridalaksana tidak jauh berbeda dengan yang dikemukakan oleh pakar sebelumnya, yaitu partikel yang dipergunakan untuk menggabungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat, atau paragraf dengan paragraf.


Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, penulis menarik kesimpulan bahwa konjungtor/konjungsi tidak hanya menghubungkan satuan-satuan bahasa intrakalimat saja, melainkan juga antarkalimat. Konjungtor intrakalimat adalah konjungtor yang menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, dan klausa dengan klausa. Kemudian konjungtor antarkalimat adalah konjungtor yang menghubungkan dua kalimat yang utuh.

0 Response to "Pengertian Konjungtor"

Posting Komentar