Pengertian Remaja Menurut WHO

Remaja pada umumnya didefinisikan sebagai orang-orang yang mengalami masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. menurut WHO, remaja (adolescence) adalah mereka yang berusia 10-19 tahun. Sementara dalam terminology lain PBB menyebutkan anak muda yang berusia 15-24 tahun (Marmi, 2013).

Remaja merupakan periode transisi antara masa anak-anak ke masa dewasa. Didalam ilmu kedokteran dan ilmu-ilmu lain yang terkait, remaja dikenal sebagai suatu tahap perkembangan fisik ketika alat-alat kelamin manusia mencapai kematangan. Hal ini berarti, secara anatomi, alat-alat kelamin maupun organ tubuh yang lain akan memperoleh bentuknya yang sempurna. Masa pematangan fisik berjalan kurang lebih selama dua tahun. Biasanya dihitung mulai haid pertama pada wanita dan mimpi basah pertama pada pria.

Masa remaja merupakan usia diantara masa anak  –  anak dan dewasa, yang secara biologis yaitu antara umur 10 sampai 19 tahun. Peristiwa yang terpenting yang terjadi pada gadis remaja ialah datang haid yang pertama kali, biasanya sekitar umur 10 sampai 16 tahun.  Saat haid yang pertama ini datang dinamakan menarche.

Masa remaja adalah masa yang khusus dan penting karena merupakan periode pematangan organ reproduksi manusia. Khususnya remaja putri yang mengalami  menarche  tidak lepas dari keluhan nyeri haid / dismenorhea.

Penggolongan Masa Remaja menurut WHO menjelaskan masa remaja adalah usia 12  –  24 tahun,
sedangkan berdasarkan penggolongan umur masa remaja terbagi atas:
a.  Masa remaja awal : masa remaja yang berusia 12 – 15 tahun.
b.  Masa remaja tengah : masa remaja yang berusia 15 – 18 tahun.
c.  Masa remaja akhir : masa remaja yang berusia 18 – 21 tahun.

0 Response to "Pengertian Remaja Menurut WHO"

Posting Komentar