8 Definisi Dakwah Menurut Para Pakar

8 Definisi Dakwah Menurut Para Pakar - Dalam memahami definisi dakwah secara umum dapat dibagi menjadi dua: definisi menurut bahasa (lughawi) dan menurut istilah. Dari segi bahasa atau definisi menurut bahasa kata dakwah berasal dari bahasa Arab dari kata “da’wah”yang merupakan isimmasdar yang berasal dari fiil (kata kerja), da’a yang artinya memanggil, mengajak atau menyeru. Sedangkan dakwah menurut istilah ada berbagai pendapat para ahli sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka kuasai atau tergantung sudut pandang mereka didalammemberikan definisi terhadap istilah tersebut. Dari itulah maka antara definisi yang satu dengan yang lainnya senantiasa terdapat perbedaan dan kesamaan. Selanjutnya penulis sajikan beberapa definisi dakwah menurut para ahli sebagai berikut:

1.  Menurut A. Hasymy, dakwah islamiyah ialah konsepsi yang lengkap yang dalam lipatannya mengandung segala macamilmu pengetahuan yang dibutuhkan manusia, agar mereka dapat melihat akhir tujuan dari kehidupannya, dan agar dapat menyelamirahasia-rahasia hidup ini.

2. Drs. Hamzah Ya’qub, dakwah adalah : mengajak umat manusia dengan hikmah kebijaksanaan untuk mengikuti petunjuk Allah dan Rasulnya.

Definisi Dakwah

3. Asmuni Syukir berpendapat bahwa istilah dakwah dapat diartikan dari dua segi atau sudut pandang, yakni definisi dakwah yang bersifat pembinaan dan definisi dakwah yang berarti pengembangan. Definisi dakwah yang bersifat pembinaan adalah suatu usaha mempertahankan, melestarikan dan menyempurnakan akhlaq manusia agar mereka tetap beriman kepada Allah, dengan menjalankan syariat-Nya, sehingga mereka menjadi manusia yang hidup bahagia dunia akhirat. Sedang definisi dakwah yang bersifat pengembangan adalah usaha mengajak umat manusia yang belumberiman kepada Allah agar mentaati syari’at Islamsupaya nantinya dapat hidup bahagia dan sejahtera di dunia maupun akhirat.

4. Arifin M.Ed. memberikan definisi dakwah adalah suatu kegiatan ajakan baik dalambentuk lisan, tulisan tingkah laku dan sebagainya yang dilakukan secara sadar dan berencana dalam usaha mempengaruhi orang lain baik secara individual maupun secara kelompok agar supaya timbul dalam dirinya suatu pengertian, kesadaran, sikap penghayatan serta pengamalan terhadap ajaran sebagai massage yang disampaikan kepadanya tanpa adanya unsur paksaan.

5. Drs. Endang Saefudin Anshori, M.A., dakwah adalah penjabaran, penerjemahan dan pelaksanaan Islamdalamperi-kehidupan dan penghidupan manusia termasuk di dalamnya bidang pendidikan, politik, kekeluargaan dan bidang kemasyarakatan.

6. Menurut Drs. H.M. Ansori, dalam bukunya Pemahaman dan Pengalaman Dakwah, mengemukakan bahwa dakwah adalah semua aktivitas mengajak umat manusia muslim baik dalam bentuk lisan, tulisan, tingkah laku dalam usaha merubah situasi ke situasi lain yang lebih baik sesuai dengan ketentuan Allah. Disertai kesadaran dan tanggung jawab yang baik pada dirinya, orang lain, dan Allah SWT.

7.  Sedangkan Amrullah Ahmad mengemukakan bahwa pada hakekatnya dakwah Islam merupakan aktualisasi imani (theologis) yang dimanivestasikan dalamsistemkegiatan manusia beriman dalam masyarakat yang dilakukan secara teratur untuk mempengaruhi cara merasa, berfikir, dan bertindak dalamrangka terwujudnya ajaran Islamdalamsemua segi kehidupan dengan cara tertentu.

8.  Toha Yahya Oemar. Dalam hal ini membagi definisi dakwah dalam dua segi yang punya signifikan tersendiri;
1)  Definisi dakwah secara umumadalah suatu pengetahuan yang berisi cara-cara dan tuntunan bagaimana seharusnya menarik perhatian manusia untuk menganut, menyetujui, melaksanakan suatu ideologi, pendapat atau pekerjaan tertentu.
2)  Definisi dakwah Islamadalah mengajak manusia dengan cara kebijaksanaan kepada Islamyang benar sesuai dengan perintah Tuhan, untuk keselamatan, kebahagiaan mereka di dunia dan di akherat.


Demikianlah definisi dakwah dari beberapa ahli, meskipun terdapat perbedaan , namun jika dicermati lebih lanjut akan ditemui beberapa persamaan sebagai berikut:
-  Amar ma’ruf nahi munkar
-  Merealisasikan ajaran Islamdalamkehidupan sehari-hari.
-  Mentaati Allah sesuai dengan garis-garis aqidah serta akhlak Islamiyah.
-  Mencari keridloan Allah agar memperoleh kebahagian di dunia dan akhirat.

Adapun dari semua definisi dan persamaanya di atas dapat disimpulkan bahwa definisi dakwah secara umum adalah:
a.  Dakwah merupakan proses penyelenggaraan suatu usaha dan aktivitas yang dilakukan dengan sengaja dan bertahap.
b.  Usaha-usaha tersebut berupa ;
1)  Mengajak manusia untuk beriman dan mentaati Allah SWT, atau menjalankan Islam secara kaffah.
2)  Amar ma’ruf, perbaikan dan ishlah secara kontinyu dan konsekwen.
3)  Mengubah situasi dan kondisi tertentu menjadi situasi dan kondisi yang dikehendaki oleh Islam.
4)  Proses penyelenggaraan usaha tersebut dilakukan dengan tujuan tertentu yakni kebahagiaan di dunia dan di akherat yang diridhai oleh Allah SWT.

0 Response to "8 Definisi Dakwah Menurut Para Pakar"

Posting Komentar