Pengertian Cerpen

Sesuai namanya, cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang singkat atau pendek. Menurut Suyanto, cerpen adalah cerita berbentuk prosa pendek yang harus memiliki efek tunggal dan tidak kompleks. Kemudian, menurut Suroto, cerpen atau cerita pendek adalah suatu karangan prosa yang berisi cerita sebuah peristiwa kehidupan manusia pelaku/tokoh dalam cerita tersebut. Ukuran yang dipergunakan hanyalah kesingkatan dan kepadatan ceritanya serta penonjolan suatu peristiwa yang benar-benar dianggap penting.

Kesingkatan yang dimaksud adalah sebuah cerpen haruslah pendek, pemaparan dari setiap peristiwa disajikan sesingkat mungkin. Sedangkan, keterpaduan maksudnya unsur-unsur yang membangun cerpen haruslah utuh dan padu walaupun dengan pemaparan yang singkat.

Nugroho dalam Tarigan mengatakan bahwa cerita pendek adalah cerita yang panjangnya sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi rangkap yang terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri. Oleh karena itu, cerita pendek pada umumnya bertema sederhana. Jumlah tokohnya terbatas. Jalan ceritanya tidak kompleks dan latarnya meliputi ruang lingkup yang terbatas.

0 Response to "Pengertian Cerpen"

Posting Komentar