Pengertian Riba

Secara  etimologis  riba  berasal  dari  bahasa  Arab,  yaitu  dari  kata rabâ yarbû rabwan,  yang  berarti  az-ziyâdah  (tambahan) atau  al-fadl (kelebihan), berkembang  (an-numuww),  meningkat  (al-irfâ‘) dan  membesar  (al-‘uluw).  Dengan  kata  lain  riba  adalah  penambahan, perkembangan  peningkatan  dan  pembesaran  atas  pinjaman  pokok  yang diterima  pemberi  pinjaman  dari  peminjam  sebagai  imbalan  karena menangguhkan  atau  berpisah  dari  sebagian  modalnya  selama  periode waktu tertentu.

Dalam  hal  ini,  Muhammad  ibnu  Abdullah  Ibnu  al-Arabi  al-Maliki dalam  kitab  Ahkâm  al-Qur’ân  mengatakan  bahwa  tambahan  yang termasuk  riba  adalah  tambahan  yang  diambil  tanpa  ada  suatu  ‘iwad (penyeimbang/pengganti)  yang  dibenarkan  syari’ah.  Senada  dengan pendapat  Imam  Sarakhi  dalam  kitab  al-Mabsût  menyebutkan  bahwa tambahan  yang  termasuk  riba  adalah  tambahan  yang  disyaratkan  dalam transaksi  bisnis  tanpa  adanya  ‘iwad  yang  dibenarkan  syari’at  atas penambahan  tersebut.  Sementara  Badr  al-Din  al-Yani  dalam  kitab  ‘Umdat al-Qân  mengatakan bahwa  tambahan  yang  termasuk  riba  adalah  tambahan atas harta pokok tanpa adanya transaksi bisnis riil.

Kemudian  menurut  Sayyid  Sabiq  dalam  kitab  Fikih  Sunah mengatakan  bahwa  yang  dimaksud  riba  adalah  tambahan  atas  modal  baik penambahan  itu  sedikit  atau  banyak.  Demikian  juga,  menurut  ibn  Hajar ‘Askalani,  riba  adalah  kelebihan  baik  dalam  bentuk  barang  maupun  uang.
Sedangkan  menurut  Mahmud  al-Hasan  Taunki,  riba  adalah  kelebihan  atau pertambahan  dan  jika  dalam  suatu  kontrak  penukaran  barang  lebih  dari satu barang yang diminta sebagai penukaran barang yang sama.

Menurut  Ensiklopedi  Islam  Indonesia,  yang  disusun  oleh  tim penulis  IAIN  Syarif  Hidayatullah  :  ar-ribâ  atau  ar-rimâ  makna  asalnya ialah  tambah,  tumbuh  dan  subur.  Adapun  pengertian  tambah  dalam konteks riba adalah tambahan uang atas modal yang diperoleh dengan cara yang  tidak  dibenarkan  syara,  apakah  tambahan  itu  berjumlah  sedikit maupun berjumlah banyak, seperti yang disyaratkan dalam al-Qur’an. Riba  sering  diterjemahkan  orang  dalam  bahasa  Inggris  sebagai “usury”. Menurut Dr. Perry Warjiyo, dalam makalahnya berjudul “Muslim dan  Sumber-Sumber  Penghasilan”,  pada  kumpulan  makalah “Pembangunan  Ekonomi  dan  Pendidikan  Menurut  Islam”,  Pengajian Keluarga Muslim Indonesia, Lowa State University, Amerika, halaman 62.

Dari  pelajaran  sejarah  masyarakat  Barat,  terlihat  jelas  bahwa “interest”  dan  “usury”  yang  kita  kenal  saat  ini  pada  hakikatnya  adalah sama.  Keduanya  berarti  tambahan  uang,  umumnya  dalam  persentase. Istilah  “usury”  muncul  karena  belum  mapannya  pasar  keuangan  pada zaman  itu  sehingga  penguasa  harus  menetapkan  sesuatu  tingkat  bunga yang  dianggap  “wajar”.  Namun  setelah  mapannya  lembaga  dan  pasar keuangan,  kedua  istilah  itu  menjadi  hilang,  karena  hanya  ada  satu  tingkat bunga di pasar sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran.
Riba

Selanjutnya  menurut  M.  Umer  Chapra,  riba  secara  harfiah  berarti adanya  peningkatan,  pertambahan,  perluasan,  atau  pertumbuhan. Menurutnya,  tidak  semua  pertumbuhan  terkarang  dalam  Islam.  Akan tetapi,    Keuntungan  juga  merupakan  peningkatan atas  jumlah  harga  pokok
tetapi tidak dilarang dalam Islam.

Istilah  lain yang dibuat para ulama yang menunjuk kata riba adalah bunga  kredit  yang  harus  diberikan  oleh  orang  yang  berutang  (debitur) kepada  orang  yang  berpiutang  (kreditur),  sebagai  imbalan  untuk menggunakan  sejumlah  uang  milik  kreditur  dalam  jangka  waktu  yang
telah  ditetapkan. Abdul  Mannan  mengemukakan  pengertian  riba  secara lugawî  bahwa  penggunaan  kata  sandang  al  di  depan  riba  dalam  al-Qur’an menujukkan kenyataan bahwa al-ribâ mengacu pada perbuatan mengambil sejumlah  uang  yang  berasal  dari  seseorang  yang  berutang,  secara berlebihan.

Tidak hanya orang Islam saja yang mengharamkan riba, akan tetapi semua  agama  telah  mencela  riba,  sampai  orang  Yahudi  pun mengharamkannya  antar  mereka  meskipun  membolehkannya  dalam hubungan  bisnis  mereka  dengan  bangsa  selain  Yahudi,  sebagaimana terekam dalam pernyataan mereka.

Sedangkan  agama  Kristen  (Nasrani)  telah  mengharamkannya secara  tegas  dalam  kitab-kitabnya  yang  asli.  Demikian  pula  para  pembuat Undang-Undang dan Filosuf  terdahulu  seperti “Solon” perancang Undang- Undang lama dan “Plato”.

Di  dalam  ajaran  Yahudi  pelarangan  riba  terdapat  dalam  kitab (Eksodus 22: 25, Deuteronimy 23: 19, Levicitus 35: 7, Lukas 6: 35), ajaran Kristen  (Lukas  6:  34-35,  pandangan  pendeta  awal/abad  I-XII,  pandangan sarjana  Kristen/abad  XII-XV,  pandangan  reformis  Kristen/abad  XVI-1836),  maupun  ajaran  Yunani  seperti  yang  disampaikan  Plato  (427-347 SM) dan Aristoteles (384-322 SM).

Kemudian,  Menurut  Prof  DR  Rachmat  Syafe’i,  M.A. Diharamkannya  riba  karena  2  hal  yakni,  pertama,  adanya  kedzaliman; kedua  adanya  eksploitasi  dalam  kebutuhan  pokok  atau  adanya  garar, ketidakpastian dan  spekulasi yang  tinggi, oleh karena  itu tidak diharamkan selama tidak bertentangan dengan 2 hal di atas.

M.  Quraish  Shihab  menegaskan  keharaman  riba,  sebagaimana dikemukakan  al-Qur’an  adalah  tidak  terlepas  dari  tiga  tinjauan,  yaitu  (a) ad‘âfan-muda‘afah,  (b)  mâ  baqiya  min  ar-ribâ,  dan  (c)  falakum  ru' ûsu amwâlikum,  lâ  taz limûna  wa  lâ  tuzlamûn. Dan  bila  dibawa  ke  dalam kajian  fiqh, maka  ‘illat   hukum  keharaman  riba, adalah  berlipat  ganda  dan unsur aniaya dalam penetapan kelebihan pengembalian hutang tersebut. Begitu juga menurut Muhammad Abduh yang dikutip oleh Bukhari Alma, bahwa tidak semua di atas modal pokok diharamkan. Dengan alasan asalkan  masyarakat  menghendaki  dan  tidak  mengabaikan  rasa  keadilan, rasa  persaudaraan,  bersifat  menolong,  dan  tidak  memberatkan  yang berhutang.

Sejalan  dengan  pertimbangan  yang  terakhir  ini  Azhar  Basyir, salah  seorang  Ulama  Muhammadiyah,  secara  pribadi  berpendapat  sebagaimana  yang  dikutip  oleh  Dede  Rosyda,  bahwa  penambahan  beban pembayaran  hutang  yang  diberikan  sekedar  untuk  biaya  administrasi hutang-piutang  tersebut,  serta  mengganti  rugi  berkurangnya  nilai  uang karena  inflasi  hukumnya  ibâh  ah  (boleh),  karena  tidak  memberatkan peminjam dan tidak merugikan pemilik uang.

Adapun para ulama yang mengharamkan riba, antara lain:
a.   Pendapat  yang  menegaskan  bahwa  riba  itu  haram  dalam  segala bentuknya,  pendapat  ini  dikemukakan  oleh  DR.  Muhammad  Darraz, seorang  ahli  hukum  dari  Saudi  Arabia.  Ia  mengatakan  baik  secara moral  maupun  sosiologis,  riba  itu  sangat  merusak.  Persoalan  riba sekarang  bukanlah  persoalan  bagaimana  menrapkan  bahwa  keharaman riba itu merupakan sadd az-Zarî‘ah.
b.   Yang  menegaskan  keharaman  riba,  seperti  yang  disebut  dalam  al-Qur’an, berkaitan dengan kondisi ekonomi (kondisi sosial) oleh karena itu,  hukum  riba adalah kembali karena kondisi ekonomi  sekarang yang jauh  berbeda  dengan  kondisi  masa  lampau.  Pendapat  ini  dikemukakan oleh  DR.  Ma’ruf  Dawalibi  ahli  hukum  di  Mesir  dan  membedakan antara riba produktif diharamkan,  sedangkan  riba konsumtif  tidak akan tetapi sulit dibedakan.

Menurut  Ahmad  Mustafa  Az-Zarqa,  guru  besar  hukum  Islam  dan hukum  perdata  Universitas  Syiria  bahwa  sistem  perbankan  yang  kita terima  sekarang  ini  merupakan  realitas  yang  tak  dapat  kita  hindari,  oleh karena  itu, umat  Islam boleh bermuamalah dengan bank konvensional atas pertimbangan  dalam  keadaan  darurat  dan  bersifat  sementara.  Hal  ini karean umat Islam harus berusaha mencari jalan keluar dengan mendirikan bank  tanpa  sistem  bunga  untuk  menyelamatkan  umat  Islam  dari cengkeraman bank bunga (conventional bank).

Dari  beberapa  perbedaan  mengenai  definisi  riba  dikalangan  ulama dan  perbedaan  tersebut  lebih  dipengaruhi  penafsiran  atas  pengalaman masing-masing ulama mengenai riba di dalam konteks hidupnya. Sehingga walaupun  terdapat  perbedaan  definisinya  akan  tetapi,  substansinya  adalah sama. Secara umum para ekonom muslim tersebut menegaskan bahwa riba adalah  pengambilan  tambahan  yang    harus  dibayarkan,  baik  dalam transaksi  jual  beli  maupun  pinjam  meminjam  yang  bertentangan  dengan prinsip syari' ah.

0 Response to "Pengertian Riba"

Posting Komentar