Pengertian Sistem Informasi

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna danlebih berarti bagi penerimanya. Menurut George R Terry bahwa, informasi adalah data penting yang memberikan pengetahuan yang berguna. Sedangkan menurut Gordon B Davis, informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan sekarang atau yang akan datang.

Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Menurut Simkin Mark G dalam bukunya yang berjudul  ”Computer Information System  for bussiness”, sistem informasi adalah sekumpulan elemen yang berkera secara bersama-sama baik secara manual maupun berbasis komputer dalam melaksanakan pengolahan data yang berupa pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan data untuk menghasilkan informasi yang bermakna dan berguna bagi proses pengambilan keputusan.


Menurut Burch dan Strater dalam bukunya ”Infomation System : Theory and Practice”, sistem informasi adalah suatu kumpulan fungsi-fungsi yang bergabung secara formal dan sistematis yaitu :
1.  Melaksanakan pengolahan data transaksi operasional
2.  Menghasilkan informasi untuk mendukung manajemen dalam melaksanakan aktifitas perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan.
3.  Menghasilkan berbagai laporan bagi kepentingan eksternal organisasi.
Komponen dari sistem informasi dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Dari keempat komponen sistem di atas terlihat bahwa sistem informasi
merupakan satu kesatuan unsur (manusia dan peralatan) yang bekerja sama untuk
melaksanakan pengolahan informasi mulai dari mengumpulkan, pengolahan,
penyimpanan, sampai pada pendistribusiannya.

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi "

Posting Komentar