Pengertian Dakwah

Dakwah merupakan aktivitas yang sangat urgen didalam agama islam, untuk menyebarkan informasi tentang keagamaan. Menurut bahasa dakwah berarti ajakan, seruan, undangan, dan panggilan sedangkan menurut istilah, dakwah berarti menyeru untuk mengikuti sesuatu dengan cara dan tujuan tertentu.

Para Ulama' memberikan takrif (definisi) yang bermacam-macam, antara lain:
a. Menurut Syekh Ali Makhfud dalam kitabnya Hidayatul Mursyidin, Dakwah adalah '' Mendorong manusia untuk berbuat kebajikan dan mengikuti petunjuk (agama), menyeru mereka kepada kebaikan dan mencegah mereka dari perbuatan munkar agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

b. Selanjutnya Toha Yahya Oemar berpendapat bahwa dakwah adalah: Mengajak manusia dengan cara bijak sana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah tuhan untuk kemalahatan dan kebahagiaan mereka di dunia dan akhirat.

c. Kemudian Nasrudin Latif mendefinisikan dakwah: '' Setiap usaha aktifitas dengan lisan maupun tulisan yang bersifat mengajak, menyeru, memanggil manusia lainnya untuk beriman dan menaati Allah Swt. sesuai dengan gari-garis akidah dan syariat serta akhlak islaminya. Selain itu masih banyak lagi pendapat tentang definisi dakwah.
Dakwah di masjid
Namun keanekaragaman definisi dakwah diatas, bila disimpulkan akan mencerminkan hal-hal seperti berikut: pertama, dakwah adalah suatu usaha atau proses yang diselenggarakan dengan sadar dan terencana. Kedua usaha yang dilakukan adalah mengajak manusia kejalan Allah, memperbaiki situasi yang lebih baik (dakwah bersifat pembinaan dan pembangunan). Ketiga, Usaha tersebut dilakukan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, yakni hidup bahagia, sejahtera baik didunia ataupun diakhirat.

Selanjutnya dakwah juga merupakan salah satu bentuk aktivitas keagamaan yang secara langsung digunakan untuk mensosialisasikan ajaran agama islam bagi penganutnya dan umat manusia pada umumnya. Aktifitas ini baik dilakukan secara lisan, tulisan, maupun perbuatan nyata. (dakwah bi al- lisan, wa bi al-qalam, wa bi al-hal). Karena dakwah merupakan suatu proses penyampaian pesan-pesan keagamaan kepada umat manusia, maka dakwah mempunyai beberapa komponen-komponen yang selalu ada dalam setiap kegiatan dakwah, untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Komponen tersebut antara lain adalah: Da'I (pelaku dakwah), yaitu orang yang menyampaikan ajaran islam baik lisan, tulisan ataupun perbuatan dan baik secara individu, kelompok atau berbentuk organisasi atau lembaga. Mad'u (mitra dakwah) yaitu manusia yang menjadi sasaran dakwah, Maddah (materi dakwah) adalah isi pesan atau materi yang disampaikan kepada mad'u, Wasilah (media dakwah), yaitu alat yang dipakai untuk menyampaikan pesandakwah. Thariqah (metode dakwah), dan yang terakhir adalah atsar (efek dakwh).

Secara kualitatif dakwah bertujuan untuk mempengaruhi dan mentransformasikan sikap batin dan perilaku khalayak menuju suatu tatanan kesalehan individu dan kesalehan sosial. Dakwah dengan pesan-pesan keagamaannya dan pesan-pesan sosialnya merupakan ajakan kepada kesadaran untuk senantiasa memiliki komitmen ( istiqomah) dijalan yang lurus. Dakwah hadir sebagai solusi bagi persoalan-persoalan yang dihadapi umat, karena didalamnya penuh dengan nasehat, pesan keagamaan dan sosial, serta keteladanan untuk menghindari dari hal-hal negatif menuju hal-hal positif yang di ridhoi Allah Swt.

Disamping itu juga, dakwah harus dapat menampilkan Islam sebagai icon rahmat semesta (rahmat lil alamin). Bukan saja pada aspek pandangan hidup bagi umat islam, akan tetapi juga untuk umat lainnya sebagai keuniversalannya. Dengan demikian dakwah berfungfi sebagai sarana pemecahan permasalahan umat manusia, karena dakwah merupakan sarana penyampaian informasi ajaran islam, yang didalamnya mengandung dan befungsi sebagai edukasi, kritik dan kontrol sosial.




Sumber:
1. Aep Kusnawan, Komunikasi dan Penyiaran Islam, (Bandung: Benang Merah Press, 2004), hal.VII
2. M. Ali Aziz, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Prenada Media, 2004), hal 4-5
3. Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Al-ikhlas, 1983), hal 21

0 Response to "Pengertian Dakwah"

Posting Komentar