Pengertian gangguan jiwa

Gangguan jiwa adalah gangguan yang mengenai satu atau  lebih fungsi jiwa. Gangguan jiwa adalah gangguan otak yang ditandai  oleh terganggunya emosi, proses berpikir, perilaku,  dan persepsi (pengangkapan panca indera). Gangguan jiwa ini menimbulkan stress dan penderitaan bagi penderita dan keluarganya.

Gangguan jiwa dapat mengenai setiap orang, tanpa mengenal umum, ras, agama, maupun status  sosial  ekonomi.  Gangguan jiwa bukan disebabkan oleh kelemahan pribadi. Di masyarakat banyak beredar kepercayaan dan mitos yang salah mengenai gangguan jiwa, ada yang percaya bahwa gangguan jiwa disebabkan oleh gangguan roh jahat, ada yang menuduh bahwa itu akibat guna  –  guna, karena kutukan atau hukuman atas dosa  –  dosanya. Kepercayaan yang salah ini hanyak akan merugikan penderita dan keluarganya karena pengidap gangguan jiwa tidak mendapat pengobatan secara tepat dan cepat.

'Gangguan Jiwa'
Gejala utama atau gejala yang menonjol pada gangguan jiwa terdapat pada  unsur  kejiwaan, tetapi penyebab utamanya mungkin di badan (somatogenik), di lingkungan sosial  (sosiogenik), ataupun psikis (psikogenik). Biasanya tidak terdapat penyebab tunggal, akan tetapi beberapa penyebab sekaligus dari berbagai  unsur  itu yang saling mempengaruhi atau kebetulan terjadi bersamaan, lalu timbullah gejala gangguan jiwa.

0 Response to "Pengertian gangguan jiwa"

Posting Komentar