Pengertian Potensi Diri

Pada dasarnya setiap individu itu memiliki kekhususan pada dirinya masing-masing, yang itu sebagai salah satu ciri untuk membedakan antara individu satu dengan individu lainnya. Kekhususan itu bentuknya berupa potensi. Meskipun demikian, potensi adalah merupakan suatu konsep yang sukar untuk dimengerti, meskipun istilah ini sering digunakan dalam bahasa sehari-hari khususnya dalam dunia psikologi dan pendidikan. Untuk dapat memberikan penjelasan mengenai potensi secara cepat, jelas dan mudah untuk dipahami, maka potensi dapat ditinjau dari dua segi, yaitu:

a.  Etimologi
Kata potensi itu  berasal dari bahasa Inggris yaitu potency,potential  dan  potentiality, yang mana dari ketiga kata tersebut memiliki arti tersendiri. Kata  potency memiliki arti kekuatan, terutama kekuatan yang tersembunyi. Kemudian kata potential memiliki arti yang ditandai oleh potensi, mempunyai kemampuan terpendam untuk menampilkan atau bertindak dalam  beberapa hal, terutama hal yang mencakup bakat atau intelegensia. Sedangkan kata  potentiality mempunyai arti sifat yang mempunyai  bakat terpendam, atau kekuatan bertindak dalam sikap  yang pasti di masa mendatang.


b.  Terminologi
Selain dari sudut pandang bahasa, kata potensi juga didefinisikan oleh para ahli psikologi  ataupun para ahli disiplin ilmu lainnya sesuai dengan kapabilitas keilmuan masing-masing. Di antaranya adalah sebagai berikut:
1)  Jalaluddin
“Potensi dalam konsep pendidikan Islam disebut fitrah yang berarti kekuatan asli yang terpendam di dalam diri manusia yang dibawanya sejak lahir, yang akan menjadi pendorong serta  penentu bagi kepribadiannya serta  yang dijadikan alat untuk pengabdian dan ma’rifatullah”.

2)  Slamet Wiyono
“Potensi adalah kemampuan dasar manusia yang telah diberikan oleh Allah SWT. sejak dalam kandungan ibunya sampai pada saat tertentu (akhir hayatnya) yang masih terpendam di dalam dirinya menunggu untuk diwujudkan menjadi sesuatu manfaat nyata dalam kehidupan diri manusia di dunia ini dan di akhirat nanti”.

3)  Chalijah Hasan
“Potensi sama dengan fitrah. Karena kata fitrah dalam bahasa psikologi disebut dengan potensialitas atau  disposisi atau juga kemampuan dasar yang secara  otomatis adalah mempunyai kecenderungan untuk dapat berkembang”.

Bertolak dari pengertian atau definisi yang ada itu, maka dapat dikatakan bahwa potensi  diri adalah sesuatu atau kemampuan dasar manusia yang telah ada dalam dirinya yang siap untuk direalisasikan menjadi kekuatan dan dimanfaatkan secara nyata dalam kehidupan manusia di dunia ini sesuai dengan tujuan penciptaan manusia oleh Allah SWT.

0 Response to "Pengertian Potensi Diri "

Posting Komentar