Definisi Manajemen

Manajemen pendidikan adalah aplikasi, prinsip, konsep dan teori manajemen dalam aktifitas pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Berikut ini adalah para ahli mendefinisikan tentang manajemen yang berbeda-beda.

Manajemen menurut Didin Hafidhudin dalam bukunya Syariah Principle On Management In Practice, “management means organizing, handling, controlling and directing particular thing or affair is obliged under Islamic shariah.” Manajemen berarti mengorganisasikan, menguasai (memegang), mengendalikan, dan menunjukkan sesuatu yang istimewa atau hal yang diwajibkan di bawah syariah Islam.

Manajemen diartikan sebagai koordinasi dari semua sumber-sumber yang mencakup proses dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan supaya memperoleh keadaan yang obyektif sebagaimana dikemukakan oleh Henry L. Sisk dalam bukunya Principles Of Management, “management is the coordination of all resources through the processes of planning, organizing, directing, and controlling in order to attain stated objectives”.

Adapun rumusan manajemen menurut Haungton yang dikutip oleh Muttowi (1996) adalah sebagai berikut:
Yang dimaksud dengan manajemen adalah suatu aktivitas yang melibatkan proses pengarahan, pengawasan dan pengerahan segenap kemampuan untuk melakukan suatu aktivitas dalam suatu organisasi.

Pengertian di atas, sesuai dengan apa yang dipaparkan oleh Luther Gulick dan Follet, karena supaya bisa berjalan dan berfungsi dengan baik di butuhkan keahlian khusus yang diharapkan dapat membawa seseorang pada tujuan yang hendak di capai.

Menurut J.L Massie, “Manajemen adalah proses satu kelompok kooperatif menggerakkan tindakan untuk tujuan umum”.
Manajemen

Dalam definisi tersebut mengandung unsur-unsur sebagai berikut yaitu:
a.  Kemampuan mempengaruhi
b.  Orang, bawahan
c.  Melakukan pekerjaan
d.  Tujuan organisasi
e.  Kerjasama antara bawahan dan pimpinan
f.  Terbatasnya sumber daya.

Sedangkan menurut Dubrin, manajemen adalah suatu proses menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi melalui planning, decision making, organizing, leading and controlling.Yakni mengandung tiga pengertian sebagai berikut:
a.  Manajemen sebagai disiplin atau bidang studi
b.  Manajemen sebagai orang
c.  Manajemen sebagai karier

Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa definisi manajemen adalah proses kegiatan menyelenggarakan organisasi yang mana di dalamnya terdapat unsur-unsur organisasi dengan menggunakan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajemen pendidikan adalah aplikasi prinsip, konsep dan teori manajemen dalam aktifitas pendidikan untukmencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Maksudnya dalam menjalankan aktifitas manajemen pendidikan sekolah diperlukan manajemen yang mempunyai arah dan tujuan untuk memanfaatkan sumber daya dengan hemat guna mencapai hasil yang maksimal untuk mencapai kualitas, yaitu manajemen yang mengarahkan pada pengembangan potensi peserta didik supaya memiliki pengetahuan dan keterampilan, sikap dan nilai yang mengakar pada budaya bangsa sendiri. Maka untuk mewujudkannya dibutuhkan manajemen pendidikan yang berorientasi pada mutu (quality oriented).

0 Response to "Definisi Manajemen "

Posting Komentar