Definisi Pemasaran

Definisi Pemasaran - Pemasaran merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh pemasar dalam mempertahankan kelangsungan hidup  perusahaan. Oleh karena itu, perlu kooordinasi antara pihak-pihak yang terlibat dalam pemasaran agar dapat berjalan dengan sukses.

Menurut Philip Kotler definisi pemasaran adalah “suatu proses sosial dan manajerial  yang di dalamnya individu dan  kelompok mendapatkan yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain”.

Definisi pemasaran ini berdasarkan pada konsep inti berikut:

1)  Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan Kebutuhan manusia adalah ketidakberadaan beberapa kepuasan dasar.
Manusia membutuhkan makanan, pakaian, tempat berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri. Keinginan adalah hasrat dan pemuasan manusia yang spesifik. Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan diperbarui oleh kekuatan lembaga sosial, lembaga keagamaan, sekolah, keluarga dan perusahaan. Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik oleh kemampuan dan kesediaannya untuk membeli. Keinginan  menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli.

2)  Produk (Barang, Jasa dan Gagasan)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Jasa merupakan pelayanan, servis, kemudahan, manfaat yang diberikan perusahaan, misalnya pembelian, penjualan, antar-jemput, mengantarkan barang dan lain-lain.Gagasan merupakan ide yang terkandung atau hasil pemikiran yang diciptakan perusahaan dalam sebuah produk, misalnya menghemat waktu, praktis, manfaat yang berlipat ganda dan lain-lain.

3) Nilai, Biaya dan Kepuasan
Nilai adalah perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya. Biaya merupakan ongkos/  besarnya uang yang  dikeluarkan untuk memperoleh sesuatu. Kepuasan merupakan perasaan (yang bersifat) positif yang diperoleh oleh pelanggan atas konsumsi produk.

Definisi Pemasaran

4)  Pertukaran dan Transaksi
Pertukaran adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Arah dari pertukaran adalah suatu kesepakatan.  Dengan kata lain bila terjadi kesepakatan dua belah pihak atau lebih berarti sebuah transaksi telah terjadi.

5)  Hubungan dan Jaringan
Hubungan yang dimaksud adalah kontak, ikatan yang dibangun perusahaan untuk jangka panjang dengan pihak-pihak kunci, yaitu pelanggan, pemasok, penyalur-guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang. Hasil dari pemasaran hubungan yang utama adalah pengembangan  asset perusahaan yang disebut jaringan pemasaran.

6)  Pasar
Konsep pertukaran mengarah pada konsep pasar. Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, mungkin bersedia dan mampu melakukan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.

7)  Pemasar dan Calon Pembeli
Pemasar adalah seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang terlibat dalam pertukaran nilai. Calon pembeli adalah seseorang/pihak-pihak yang diidentifikasi pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat.

Adapun definisi konsep pemasaran menurut Kotler  dan Amstrong adalah “falsafah yang mengatakan bahwa untuk mencapai tujuan organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran (target market) dan memuaskan pelanggan secara lebih efektif dan efisien daripada yang dilakukan pesaing”, Definisi tersebut mempunyai konsekuensi bahwa kegiatan perusahaan termasuk produksi, keuangan dan pemasaran, harus diarahkan pada usaha mengetahui kebutuhan dan keinginan pembeli, memuaskan kebutuhan dan keinginan serta memperoleh laba untuk kelangsungan hidup perusahaan jangka panjangnya.

Sedangkan manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari perwujudan, pemberian harga, promosi , dan distribusi dari barang-barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisai (Kotler, 2009: 19).Dari definisi di atas dapat dirumuskan bahwa manajeman pemasaran adalah suatu proses manajeman meliputi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan  pemasaran dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan ini bertujuan menimbulkan suatu tingkat pertukaran barang dan jasa yang ditimbulkan baik oleh  pihak penjual maupun pihak pembeli yang menguntungkan kedua pihak.

0 Response to "Definisi Pemasaran"

Posting Komentar