Pengertian Internet

Internet adalah singkatan dari  inter–network yang berasal dari bahasa Latin Inter, yang berarti “antara”. Secara harfiah, internet ialah rangkaian komputer yang terhubung dengan beberapa rangkaian secara globaldengan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

Internet adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan bahkan milyaran pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung  (e-mail, chat),diskusi  (UsenetNews, e-mail, milis),sumber daya informasi yang terdistribusi  (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

Internet  (inter-network)dapat juga diartikan jaringan komputer luas yang menghubungkan pemakai komputer satu komputer dengan komputer lainnya dan dapat berhubungan dengan komputer dari suatu negara ke negara di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai informasi, fasilitas layanan  internet Browsing. Kegiatan ini dapat dianalogikan berjalan–jalan di mall sambil melihat–lihat ke toko-toko tanpa membeli apapun.  Electronic mail (E-mail) digunakan untuk berkirim surat dengan orang lain,tanpa mengenal batas,waktu, ruang bahkan birokrasi.  Searching, yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet.  Chattingdigunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk  saling berbicara  di internet  world wide web (WWW).


Dengan  world wide web (WWW) ini anda dapat mengambil, memformat, dan menampilkan informasi (termasuk teks, audio, grafik dan video) dengan menggunakan  hypertekxt links.  Mailing listdigunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan  E-mail. Mailing listini digunakan untuk bertukar infomasi,pendapat dan lain sebagainya.  Newsgroupdigunakan untuk berkoferensi jarak jauh, sehingga kita dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet.
Downloadadalah proses mengambil file dari komputer lain melalui internet ke komputer kita.  Uploadadalah proses meletakkan file dari komputer kita ke komputer lain melalui internet  File Transfer Protocol(FTP).Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet.

Beberapa di internet telah tersedia file atau dokument yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis.  Telnetdigunakan untuk masuk ke sistem komputer tertentu dan bekerja pada sistem komputer lain.  Ghoperdigunakan untuk menempatkan informasi yang disimpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan kita dapat mengambil informasi tersebut.

Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari internet yang kita kenal saat ini. Pada sekitar 1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan komputer yang ada.

Jumlah pengguna komputer yang besar dan semakin berkembang mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu dan pendangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna diseluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam  –macam informasi. Internet melambangkan penyebaran (decentralization) pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.

0 Response to "Pengertian Internet"

Posting Komentar